Rabu, 31 Oktober 2012

kerusakan alam

Kerusakan Lingkungan Hidup Akibat Alam Dan Faktor Manusia
     Secara garis besar terjadinya kerusakan lingkungan hidup yang ada di bumi ini karena dua faktor. Pertama kerusakan lingkungan hidup karena faktor/proses alam dan kerusakan lingkungan akibat ulah tangan manusia. Peristiwa alam yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada alam ini meliputih hal hal seperti ayng bisa Anda baca di postingan mengenai lingkungan.

     Kehidupan manusia di dunia ini tidak akan lepas dari lingkungan. Baik itu dari lingkungan alam ataupun lingkungan sosial. Manusaia bernapas butuh udara/oksigen dari lingkungan sekitar. Aktivitas makan dan minum hingga memelihara kesehatan, semuanya butuh lingkungan. Lingkungan hidup, kalau menurut UU no. 32 tahun 2009, “Lingkungan Hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi alam itu sendiri, kelangsungan perikehidupan, dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain”.

Hutan Gundul : Kerusakan Lingkungan Faktor Manusia

    Untuk persoalan Lingkungan Hidup, manusia memiliki pengaruh yang amat penting. Karena dalam pengelolaan lingkungan hidup tersebut pada akhirnya juga buat keberlangsungan manusia selama hidup di bumi ini. Terjadinya kerusakan lingkungan hidup sekarang ini karena adanya tindakan yang dapat menimbulkan perubahan secara langsung ataupun tidak langsung sehingga lingkungan hidup tidak lagi dapat berfungsi sebagai penunjang pembangunan yang berkelanjutan (KMNLH, 1998).

    Terjadinya kerusakan lingkungan hidup bisa terjadi dimana saja baik di darat, udara, ataupun di air. Penyebab terjadinya kerusakan lingkungan hidup yang ada di dunia ini karena 2 faktor, yaitu Faktor Alam dan Faktor Manusia.

a. Kerusakan Lingkungan Hidup Faktor Alam
Terjadinya kerusakan Lingkungan hidup akibat faktor alam umumnya dalam bentuk bencana alam seperti yang sering terjadi di Indonesia. Contohnya adalah gelombang tsunami yang pernah terjadi di provinsi Aceh dan telah memporak-porandakan bumi Serambi Mekah dan Nias. Bencana alam lainnya mengakibatkan kerusakan lingkungan hidup adalah gunung meletus, Gempa bumi, serta Angin topan. Peristiwa-peristiwa alam tersebut telah mengakibatkan kerusakan pada lingkungan hidup.

b. Kerusakan Lingkungan Hidup Faktor Manusia
Ulah manusia yang hidup di bumi ini juga berperan besar dalam menjaga dan merawat kelestarian lingkungan hidup yang ada di bumi. Karena ulah manusia dalam memanfaatkan lingkungan, seringkali tidak diimbangi dengan pemikiran bagaimana masa depan kehidupan generasi berikutnya. Manusia juga yang menjadi penyebab kerusakan lingkungan hidup.

Contoh : kerusakan lingkungan yang di akibat faktor tangan manusia adalah:

-Masalah pencemaran (terjadinya pencemaran udara, air, tanah, dan suara) merupakan dampak dari adanya kawasan industri.

-Bencana banjir, penebangan hutan secara liar, buruknya drainase atau sistem pembuangan air, buang sampah sembarangan hanya sebagian kecil dari kerusakan lingkungan akibat tangan manusia.

oleh:Densus99+

Tidak ada komentar:

Posting Komentar